BUKA SETIAP HARI

09:00 - 17:00 WIB

Jogja Bay

Jogja Dipilih untuk Penyambutan Api Abadi Asian Games

Asian Games 2018 sudah semakin dekat. Pesta olahraga negara-negara Asia ini akan digelar di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Hari selasa, (17/7) api abadi dari India yang menjadi simbol kemeriahan Asian Games akan mendarat di Jogja.

Meski tidak terletak dalam area jangkauan pertandingan Asian Games, Jogja rupanya dilipih untuk start pawai obor di Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir dalam Okezone. Menurutnya, Pawai obor yang diawali dengan pengambilan api abadi Asia di New Delhi, India, pada 15 Juli 2018, yang kemudian dipadukan dengan api abadi Indonesia di Mrapen, Jawa Tengah pada 18 Juli 2018 di Candi Prambanan, akan diikuti atlet-atlet legenda serta para artis ternama Indonesia.

Berikut estimasi rangkaian kegiatan api Asian Games 2018 di Jogja:

  1. Hari Pertama (Selasa, 17 Juli 2018)
    Pukul 08.00 WIB api abadi dari India mendarat di Bandara Adi Sucipto. Api ini akan dibawa ke Museum Dirgantara dan akan diramaikan dengan hiburan.
  2. Hari Kedua (Rabu, 18 Juli 2018)
    a. Pukul 14.00 WIB api abadi akan dibawa ke Candi Boko dengan panitia penyambutan dari Kabupaten Sleman, bergodo, tari-tarian, dan sesi foto di area Candi Boko.
    b. Pukul 17.00 WIB api abadi akan dibawa ke Candi Prambanan untuk dipertemukan dengan api abadi Mrapen Jawa Tengah oleh wakil presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.
    c. Pukul 19.00 WIB api abadi dibawa kembali ke Museum Dirgantara untuk diinapkan.
  3. Hari Ketiga (Kamis, 19 Juli 2018)
    a. Pukul 06.00 WIB api abadi akan dibawa ke Tugu Jogja dengan mobil
    b. Pukul 07.00 WIB api abadi akan diarak dengan lari sepanjang 10 Km dan diramaikan/ disambut oleh masyarakat serta anak-anak sekolah di wilayah Jogja. Jalur: Tugu Jogja – Mangkubumi – Kliringan – Malioboro – Titik Nol – Gondomanan – Pojok Beteng Wetan – Pojok Beteng Kulon – Ngabean – Titik Nol – Alun-Alun Utara
    c. Pukul 09.00 WIB setibanya di alun-alun, api abadi akan dibawa ke perbatasan Prambanan Jawa Tengah. Perjalanan kecepatan api abadi di depan Polsek Prambanan akan dikurangi karena akan disambut masyarakat dan anak-anak sekolah sebanyak 5000 orang.

Menurut Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto (dikutip dari Viva), dari Yogyakarta api abadi akan dibawa ke arah timur sampai ke Lombok dan dilanjutkan ke Raja Ampat, Sorong, Sulawesi, Selayar, Makassar, Kalimantan, Aceh, Pekanbaru, Padang, Jambi, dan sampai ke Palembang. Rangkaian acara ini akan dimeriahkan oleh torch relay lari sepanjang 500 Km. Kombinasi tersebut akan membuat pawai obor pesta olahraga bangsa Asia kali ini berbeda dari yang pernah ada dan menjanjikan sejuta warna serta keindahan.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark sebagai salah satu waterpark bertema bajak laut pertama dan satu-satunya di Indonesia ini turut memeriahkan berlangsungnya Asian Games di bulan Agustus-September nanti. Chain flags negara-negara peserta Asian Games akan berkibar di area Plaza dengan sejumlah kompetisi yang akan digelar. Salah satu pertandingannya adalah Playpool Basket Ball Three on Three yang berhadiah tiket nonton VIP Final Basket Ball Asian Games dan biaya akomodasi tiket pesawat dan hotel untuk juara pertamanya.

Hal ini dikonfirmasi oleh Medha Zeli Elsita selaku Public Relation Jogja Bay Waterpark. Kompetisi di tingkat pelajar SMA ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 Agustus 2016 di Kulla Pool Jogja Bay Waterpark.

“Pertandingan ini akan diikuti 30 tim dari sekolah yang berbeda-beda untuk memeriahkan bulan Agustus yang menjadi peringatan Asian Games di Indonesia sekaligus bulan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Sejumlah acara menarik berikut kompetisi akan digelar dengan hadiah total puluhan juta rupiah,” ujar Medha.


Ahooy Pirates, sudah siapkah kalian menyambut Asian Games 2018??

Referensi :
https://www.viva.co.id/sport/gelanggang/1053053-yogyakarta-jadi-start-pawai-obor-asian-games-2018
https://sports.okezone.com/read/2018/07/13/601/1921825/pawai-obor-akan-meriahkan-asian-games-2018