BUKA SETIAP HARI

09:00 - 17:00 WIB

Jogja Bay

Nostalgia Masa Kecil dengan Lomba Balap Karung

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 sudah di depan mata. Pesta rakyat berlangsung di seluruh penjuru Indonesia ini dimeriahkan dengan berbagai acara seperti doa bersama, parade, perlombaan, dan ragam acara menarik lainnya.

Momentum perayaan 17 Agustus menjadi salah satu hari libur nasional yang paling ditunggu oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia. Dimana pada saat itu semua berkumpul untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Umumnya, setiap perangkat daerah terkecil seperti RT dan RW menggelar berbagai jenis lomba.

Ragam jenis lomba 17 Agustus atau yang dalam bahasa jawa disebut lomba pitulasan ini mengingatkan kita dengan jenis permainan masa kecil di sebelum maraknya game online. Tentu saja jenis permainannya sekarang pun sudah disesuaikan dengan kesediaan alat dan bahan. Seperti halnya lomba balap karung.

Lomba yang hampir selalu disuguhkan di setiap momen pitulasan ini menjadi salah satu lomba favorit. Dengan modal beberapa karung goni bekas untuk beradu kecepatan, perlombaan sudah dapat dilakukan. Namun, kesulitan mencari karung jenis serat rosella ini membuat sebagian tim panitia menggantinya dengan karung plastik (PP Woven Bag) yang lebih mudah dicari.

Jenis lomba lainnya adalah lomba balap kelereng. Salah satu lomba adu kecepatan ini juga menjadi lomba yang paling ditunggu saat peringatan 17 Agustus. Dengan alat sebuah sendok makan dan satu buah kelereng untuk setiap pemainnya lomba ini susah-susah-gampang untuk dimainkan.

Peserta harus mempertimbangkan keseimbangan kelereng yang dibawanya dengan sendok yang digigit. Kedua tangan peserta dalam perlombaan ini tidak boleh menyentuh sendok yang sedang digigit. Peserta lomba tercepat yang membawa kelereng dari garis start sampai finish lah pemenangnya.

Primadona lomba lainnya adalah lomba makan kerupuk. Lomba ini merupakan lomba yang paling menyenangkan karena aktivitasnya makan kerupuk dari tali yang digantungkan. Lomba makan kerupuk dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan karena ruang yang dibutuhkan untuk lomba ini tidak besar. Jenis lomba ini menjadi semakin meriah pada saat peserta mulai kesulitan memakan kerupuk yang sulit dijangkau oleh mulut karena terus bergerak-gerak.

Perlombaan lain yang tak kalah seru adalah lomba tepuk bantal. Lomba yang dimainkan satu lawan satu dengan duduk di atas bambu yang direntangkan di atas kolam atau sungai ini cukup sulit dan menantang. Masing-masing peserta membawa bantal atau guling sebagai alat perang. Teknisnya adalah peserta yang dapat menjatuhkan lawannya ke dalam air terlebih dahulu dialah pemenangnya.

Masih banyak jenis permainan lain yang dilombakan pada saat 17 Agustus seperti balap egrang, memasukkan pensil ke dalam botol, pecah air, dan lain-lain. Aneka permainan ini membuat kita bernostalgia lagi akan kenangan masa kecil. Dimana pada saat itu sangat populer dan hampir dimainkan setiap sore sebelum petang.

Oleh karena itu, Jogja Bay mengajak pengunjung untuk mengenang kembali indahnya masa kecil dengan mengikuti keempat jenis perlombaan ini 17-19 Agustus 2018 di Jogja Bay Waterpark. Pendaftaran lomba bersifat gratis dan akan diberikan berbagai hadiah menarik bagi pemenang-pemenangnya di setiap kategori.

Ayo, ajak teman-teman dan keluargamu untuk seru-seruan bareng di Jogja Bay Waterpark. Selain bertabur hadiah dan voucher, perlombaan ini dapat membuat pengunjung mengenang kembali permainan-permainan masa kecil yang sudah jarang sekali dimainkan anak-anak di jaman sekarang.

Ahooy...!