BUKA SETIAP HARI

09:00 - 17:00 WIB

Jogja Bay

Yuk Mengenal 3 Maskot Asian Games 2018

Pesta olahraga terbesar se-Asia segera diselenggarakan di Indonesia. Kompetisi berbagai macam bidang olahraga dan diikuti berbagai negara Asia ini akan dibuka pada tanggal 8 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Memeriahkan 18 tahun Asian Games 2018 berbagai persiapan telah dilakukan. Tidak hanya mengusung persiapan secara fisik, namun konsep look for the games dengan melibatkan Kementerian BUMN dan marketing the games dengan memanfaatkan dukungan digitalisasi teknologi juga telah dilakukan. Hal ini dapat kita jumpai dalam bentuk desain dan maskot Asian Games 2018 yang menggemaskan. Siapa aja sih? Yuk kita kenalan!

  1. Bhin-Bhin
    Karakter yang digambarkan dengan seekor burung berwarna kuning ini adalah gambaran dari Burung Cendrawasih. Burung yang memiliki nama ilmiah Paradisaea apoda ini merupakan binatang yang berasal dari Indonesia bagian timur (Papua). Burung yang memiliki bulu yang sangat cantik ini bahkan disebut-sebut sebagai bird of paradise karena keindahannya. Sebagai maskot, Bhin-Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua yang melambangkan strategi
  2. Atung
    Maskot satu ini diwujudkan dalam bentuk seekor rusa Bawean atau yang secara ilmiah dikenal dengan Hyelaphus kuhlii. Atung berasal dari Pulau bawean, Gresik, Jawa Timur. Hewan berkaki empat ini merupakan herbivora pemakan tumbuhan termasuk daun-daunan. Sebagai maskot, Atung mengenakan kain motif tumpal khas Jakarta.
  3. Kaka
    Dengan bentuk karakter yang terinspirasi dari badak bercula satu, Kaka menjadi maskot paling menggemaskan karena bentuk tubuhnya yang besar. Hewan dengan nama ilmiah Rhinoceros sondaicus ini merepresentasikan kekuatan dan berasal dari Ujung Kulon, Jawa Barat. Saat ini, badak bercula satu termasuk dalam hewan langka yang dilindungi dan usia mereka bisa mencapai 45 tahun. Sebagai maskot, Kaka mengenakan penutup dada dengan motif bunga khas Palembang.

Wah! Lucu-lucu sekali ya mereka. Ketiga maskot ini-lah yang akan menyemarakkan dan memeriahkan perayaan 18 tahun Asian Games 2018 Palembang-Jakarta. Dengan filosofi yang dibawa oleh ketiga maskot ini harapannya seluruh peserta dari berbagai negara di Asia Tenggara dapat mengerahkan strategi, kekuatan, dan kecepatannya selama perlombaan dimulai.

Jika kamu menyadari, ketiga maskot tersebut juga merepresentasikan semangat peserta dari Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Karena apabila dirangkai menjadi satu, ketiga maskot tersebut akan membentuk frasa Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan bangsa Indonesia. Harapannya Indonesia dapat memberikan peserta dan tempat terbaik sebagai tuan rumah 18 tahun Asian Games.