BUKA SETIAP HARI

09:00 - 17:00 WIB

Jogja Bay

Satu Agustus Hari ASI Sedunia

Tidak banyak masyarakat yang tahu setiap tanggal 1 Agustus diperingati sebagai hari ASI sedunia. Hari ASI sedunia ini kemudian dimaknai dengan pekan hari ASI selama satu minggu atau yang lebih dikenal dengan World Breastfeeding Week yakni pada tanggal 1-6 Agustus.

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif menjadi sangat penting pada pertumbuhan bayi usia nol sampai 6 bulan. Anjuran pemberian ASI eksklusif yang artinya hanya diberikan ASI saja tanpa tambahan cairan lain perlu dipahami oleh seorang ibu dengan dukungan orang-orang disekitarnya. Keberhasilan menyusui bergantung dari dukungan banyak pihak seperti pemerintah, lingkungan kerja, keluarga, hingga peran suami.

Menurut dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM (Dokter Spesialis Anak dan Aktivis Pejuang ASI) melalui salah satu artikel di majalahkartini.co.id mengatakan kualitas hidup perempuan meningkat karena menyusui. ASI mengandung gizi tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi, bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bayi untuk mendapatkan ASI ekskiusif selama enam bulan. Tambahan makanan seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, pisang, pepaya, bubur, dan lain sebagainya baru dianjurkan untuk diperkenalkan kepada bayi setelah berusia 6 bulan.

Pekan ASI sedunia menjadi momen peringatan untuk membangun semangat para ibu untuk memberikan ASI eksklusif. ASI memiliki peran penting dalam mendukung upaya perlindungan, promosi, dan dukungan menyusui bagi ibu dan si buah hati. Tidak hanya itu, namun pemberian ASI juga menjadi lambang cinta yang paling murni antara ibu dan bayinya.

Hal ini disampaikan Christie Nathalia (Wakil Ketua AIMI Yogyakarta 2017-2022). AIMI adalah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia yakni organisasi nirlaba berbasis kelompok sesama ibu menyusui dengan tujuan menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang menyusui serta meningkatkan angka ibu menyusui di Indonesia. Menurut ibu dua anak ini kegiatan menyusui juga dapat membentuk kedekatan seorang Ibu dan anak di masa mendatang.

Program menyusui menjadi sangat penting dan harus didukung oleh banyak pihak. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark sebagai salah satu taman rekreasi air keluarga pun menyediakan ruang laktasi sebagai upaya pemenuhan hak anak dan ibu untuk dapat menyusui dengan leluasa. Ruang ini dapat dengan mudah dijumpai di area loker dan ruang ganti.

Mari beri perhatian khusus bagi ibu menyusui. Berdasarkan data yang dikumpulkan International Baby Food Action Network (IBFAN) 2014, Indonesia menduduki peringkat ke tiga terbawah dari 51 negara di dunia yang mengikuti penilaian status kebijakan dan program pemberian makan bayi dan anak (Infant-Young Child Feeding).

Sumber:

http://majalahkartini.co.id/keluarga-karier/anak/pekan-asi-sedunia-2017-mari-dukung-keberhasilan-ibu-menyusui/