BUKA SETIAP HARI

09:00 - 17:00 WIB

Jogja Bay

Berenang Saat Sedang Puasa? Boleh Banget!

Memasuki bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh lamanya. Menahan hawa nafsu, lapar, dan dahaga menjadi kewajiban bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Tidak dengan aktivitas berenang yang diperbolehkan saat berpuasa.

Aktivitas olahraga satu ini tidak dilarang meskipun tubuh sedang menjalankan ibadah puasa. Menurut Lembaga Fatwa Syabakah Islamiyah nomor 126908 berenang pada saat puasa tidak menjadi masalah. Fatwa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pendapat atau tafsiran yang diberikan berkaitan dengan hukum islam. Dalam fatwa tersebut dijelaskan, “tidak masalah orang yang puasa melakukan renang, karena renang semakna dengan mandi. Dan itu hukumnya boleh menurut pendapat mayoritas ulama.”

Bahkan ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa berenang pada saat puasa sangat disarankan. Kegiatan ini memungkinkan tubuh tetap prima dan dan bugar selama berpuasa. Dilansir dari aquila-style melalui artikel Kumparan, berenang dapat dilakukan selama 30-60 menit per hari sebagai aktivitas untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa.

Namun setiap orang yang puasa juga berkewajiban menjaga jangan sampai puasanya batal. Sehingga dia dilarang melakukan perbuatan yang bisa memicu batalnya puasanya. Misalnya masuknya air ke dalam tubuh. Meminum air pada saat menyelam tentunya dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu perlu kehati-hatian lebih untuk berenang pada saat puasa.

Jadi, nggak perlu ragu-ragu lagi buat kalian yang ingin berenang di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark saat puasa di bulan Ramadhan. Selain menyegarkan, aktivitas ini juga bisa bikin puasa kamu tambah semangat. Ahooy...!

Sumber Terkait :
1. “Hukum Berenang Ketika Puasa” – Konsultasi Syariah (diakses 25 Mei 2018)
2. “Tak Dilarang, Renang Boleh Dilakukan Saat Bulan Puasa” – Kumparan (diakses 25 Mei 2018)