BUKA SETIAP HARI

09:00 - 17:00 WIB

Jogja Bay

Tradisi Lokal Unik di Indonesia Menjelang Bulan Puasa

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Berkah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H dirasakan penuh kegembiraan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia yang memiliki kebiasaan atau tradisi di setiap daerah masing-masing dalam menyambut bulan penuh ampunan ini.

Kebiasaan menyambut bulan suci Ramadhan di tanah Sunda dikenal dengan Tradisi ‘Munggahan’. Tradisi ini biasa dilakukan seminggu atau dua minggu sebelum puasa untuk berkumpul bersama keluarga, teman, rekan kerja, maupun orang-orang terkasih. Dalam tradisi ‘Munggahan’ akan ada satu momen saling meminta maaf untuk mempersiapkan diri menuju bulan puasa yang suci.

Tradisi dalam bentuk yang lain pun dilakukan oleh masyarakat Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Di Bali dikenal tradisi ‘Megibung’ yang dilakukan oleh masyarakat muslim Bali dengan duduk dan makan bersama dengan satu porsi nasi dan lauk untuk 4-7 orang. Acara makan yang diselingi dengan obrolan ringan ini telah menjadi sebuah budaya yang berasal dari Karangasem, Bali.

Sementara itu, di masyarakat Jawa melekat kebiasaan ‘Padusan’ (adus: mandi) menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Tradisi ini dianggap sebagai salah satu cara yang dapat menyucikan diri dengan cara mandi di sumber-sumber air yang ada satu hari menjelang puasa. Masyarakat akan beramai-ramai mandi dan berendam karena kepercayaan air dapat menyucikan diri sebelum masuk ke bulan puasa.

Padusan menjadi salah satu momentum berkumpul bersama keluarga, teman, atau orang-orang terdekat untuk dapat ‘menyegarkan diri’ bersama-sama. Akses menuju sumber air yang dianggap dapat menyucikan terkadang menyulitkan masyarakat yang hendak menuju kesana. Warga kini lebih memilih destinasi wisata air tak jauh dari pusat kota.

Tempat-tempat penyedia wisata air pun menjadi destinasi pada momentum ‘Padusan’. Hal ini tak terkecuali Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Wahana petualangan air berkarakter, terbesar, dan terlengkap di Indonesia seluas 7,7 hektar ini menjadi salah satu destinasi ‘wajib’ dan terbaik untuk ‘Padusan’.

Sejumlah 19 wahana mulai dari petualangan air yang atraktif, spectacular show “Jose and The Guardians” di Harbour Theater, replika kapal bajak laut yang mengagumkan, mercusuar, resto, cafe, dan berbagai barang merchandise siap menyemarakkan momen ‘Padusan’. Dengan mengusung tema pirates (bajak laut) pengunjung akan diajak berpetualang layaknya seorang bajak laut di Jogja Bay Waterpark.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan bertepatan dengan event ‘Padusan’ Jogja Bay Waterpark memberikan harga spesial hanya Rp 50.000,- dari harga normal weekdays Rp 90.000,-. Harga spesial ini berlaku tanpa syarat apapun dan hanya berlaku untuk momen ‘Padusan’ di tanggal 14-16 Mei 2018. Satu tiket masuk dapat untuk menikmati semua wahana di Jogja Bay Waterpark termasuk ban dan life jacket.

Harga spesial ini disampaikan oleh Medha Zeli Elsita selaku Public Relation Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Medha menyampaikan bahwa momentum ‘Padusan’ di Jogja Bay Waterpark menjadi saat yang ditunggu oleh masyarakat setiap tahunnya. Saat di tempat lain menaikkan harga tiket masuk pada momentum ‘Padusan’, Jogja Bay Waterpark justru menurunkan harga hampir 50%.

Tak hanya itu, sejumlah hiburan musik juga akan memeriahkan tiga hari Padusan Rame-Rame di Jogja Bay Waterpark. “Uut Selly, NDX, dan hiburan musik angklung akan memeriahkan acara padusan di Jogja Bay Waterpark,” ujar Medha.

Tradisi ‘Padusan’ ini dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat dengan menyegarkan diri di Jogja Bay Waterpark dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H.